Seni Pertunjukan Wayang

Please log in or register to like posts.
News
Seni Pertunjukan Wayang

Ketika ditanya, kenapa saya mau menulis tentang wayang? Padahal, saya seorang sarjana kesehatan masyarakat? Sederhana saja, rasa cinta saya sebagai bangsa Indonesia membuat saya tertantang ingin memberikan sesuatu untuk Indonesia, terutama di bidang seni. Bagi saya, kesenian wayang adalah jiwa Indonesia, tak ada alasan bagi bangsa lain untuk mengklaim kesenian adiluhung Indonesia. Betapa ironisnya ketika bangsa ini tidak lagi menghargai salah satu hasil budaya bangsanya sendiri.

Sudah 24 tahun saya dibesarkan di bumi pertiwi. Dan, sejauh ini saya merasa betapa Indonesia memberikan tempat terindah untuk belajar dan berkarya tanpa batasnya. Inilah yang membuat penulis bangga menjadi bagian dari Indonesia. Sehingga penulis berani mengabadikan kesenian asli Indonesia ini melalui sebuah buku yang berjudul “Seni Pertunjukan Wayang”.

Wayang sebagai artefak budaya Indonesia yang terwujud dalam kesenian merupakan warisan terbaik para pendahulu bangsa ini. Sebagai generasi yang beradab dan menghargai budaya, sangatlah tidak pantas jika kita pasif tanpa usaha untuk memberikan kontribusi demi kelestarian kesenian yang sudah diakui dunia sebagai  Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity ini. Sungguh ironis jika pada akhirnya wayang tak lagi disentuh oleh pemuda terbaiknya. Padahal, negeri ini sempat berada dalam masa kejayaannya melalui kesenian wayang yang telah dirintis dan diperjuangkan dengan kontinu oleh nenek moyang terbaik kita.

Wayang adalah bagian dari sejarah yang terus berkembang sampai sekarang. Mengenai sejarah, kita perlu meneladani semangat perjuangan yang ditularkan Ir. Soekarno, salah seorang bapak Proklamator yang sekaligus menjadi Presiden pertama Indonesia. Ia mengatakan bahwa “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah”. Sangatlah tidak pantas jika kita melangkah kedepan, namun meninggalkan kesenian tradisional dengan alasan, kita hidup di era modern. Terutama bagi para pemuda, kita adalah bagian dari bangsa yang besar. Oleh karena itu, tidaklah bijak jika kita lari meninggalkan seni tradisi.

Sebagai bagian dari tanggung jawab pewaris bangsa Indonesia, tentunya kita tidak ingin jika pada akhirnya kesenian kita diambil alih oleh bangsa lain. Hanya karena ketidakpedulian kita terhadap kesenian tradisional adiluhung wayang. Dalam buku ini, penulis mencoba mengangkat kesenian wayang Indonesia. Kita akan banyak membahas seluk beluk wayang mulai dari sejarah, peran wayang bagi bangsa Indonesia, macam-macam versi wayang, tokoh-tokoh pewayangan dan unsur pertunjukan wayang.

Penulis berharap buku ini dapat bermanfaat sebagai pemupuk sense of belonging pemuda bangsa ini dan juga bagi penulis sendiri tentunya. Sehingga wayang bukan hanya milik para ahli yang concern dibidang wayang, tetapi menjadi milik bangsa Indonesia. Akan tetapi bukan berarti buku ini sudah sempurna. Justru sebaliknya, buku ini masih sangat memerlukan konstruktif dari pembaca yang budiman untuk menjadi lebih baik.

Tertarik membeli buku ini? Silakan kontak penulis di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *