Persamaan Drake

Please log in or register to like posts.
News

Berapa jumlah peradaban di alam raya? Jawabannya bisa dicari dengan menggunakan Persamaan Drake. Persamaan Drake sebetulnya bukan benar-benar sebuah persamaan, melainkan serangkaian perkiraan yang membantu kita untuk memperkirakan berapa banyak peradaban makhluk cerdas yang mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi, yang mungkin ada di galaksi kita. Formula itu dibuat pada tahun 1961 oleh Dr. Frank Drake dari Institut SETI (kependekan dari Search for Extraterrestial Intelligent, atau Pencarian Peradaban Cerdas Luar Bumi), dan masih dipakai oleh para ilmuwan sampai sekarang.

Berikut persamaan Drake:

N = N* x fp x ne x fl x fi x fc x L

N* adalah jumlah bintang baru yang dilahirkan setiap tahun di galaksi Bimasakti. Galaksi Bimasakti berusia sekitar 12 miliar tahun, dan berisi kira-kira 300 miliar bintang. Jadi, rata-rata, bintang dilahirkan dengan kecepatan 300 miliar dibagi 12 miliar = 25 bintang per tahun.

fp adalah persentase dari bintang-bintang itu yang memiliki planet yang beredar mengelilinginya. Perkiraan saat ini berkisar antara 20 sampai 70 persen.

ne adalah jumlah planet per bintang yang kondisinya bisa mendukung adanya kehidupan. Perkiraan saat ini berkisar antara 1 sampai 5.

fl adalah persentase dari fl di mana makhluk hidup cerdas berevolusi. Perkiraan saat ini berkisar antara 100 persen (di mana kehidupan bisa berevolusi, kehidupan akan berevolusi) sampai mendekati 0 persen.

fi adalah persentase dari fl di mana makhluk hidup cerdas berevolusi. Perkiraan berkisar dari 100 persen (makhluk cerdas memiliki keunggulan dalam hal kelangsungan hidup, sehingga akan berevolusi) sampai sekecil hampir 0 persen.

fc adalah persentase dari fi yang berkomunikasi. Perkiraan makhluk hidup cerdas yang memiliki cara dan kemauan untuk berkomunikasi berkisar antara 10 sampai 20 persen.

L adalah angka rata-rata banyaknya tahun di mana peradaban yang berkomunikasi bisa mempertahankan kelangsungan hidupnya. Ini adalah bagian paling sulit untuk diperkirakan. Kalau kita memakai Bumi sebagai contoh, kita telah berkomunikasi dengan menggunakan gelombang radio selama kurang dari 100 tahun. Untuk seberapa lama peradaban kita bisa bertahan, bisa jadi tinggal beberapa tahun ke depan atau bisa saja bertahan selama 10.000 tahun atau lebih.

Setelah semua variabel itu dikalikan satu sama lain, akan kita dapatkan:

N, yaitu jumlah dari peradaban yang berkomunikasi di galaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *