Bukit Puteran, Bukit Petilasan Sunan Muria

Please log in or register to like posts.
News

Sunan Muria dikenal sebagai salah satu ulama di tanah Jawa yang hingga kini makamnya ramai dikunjungi. Di sekitar pemakamannya, terdapat banyak tempat yang diyakini menjadi petilasan kanjeng sunan. Salah satunya adalah bukit Puteran.

Tempat tersebut dinamakan ‘Puteran’ karena dulu, menurut tutur-tinular warga setempat, tempat ini menjadi tempat peristirahatan Sunan Muria dan menjadi tempat ‘parkir’ kuda yang digunakan.

Selain disebut Puteran, bukit ini juga memiliki sebutan lain. Salah satunya adalah Segolek. Disebut demikian karena, menurut mitos warga setempat, tempat ini memiliki ‘penjaga’ yakni sosok boneka yang dalam bahasa Jawa disebut golek. Boneka tersebut bernama Golek Kencono.

Bukit ini terletak di RT/RW 01/03 Pandak, salah satu dusun yang ada di Desa Colo, Kabupaten Kudus. Bukit ini sendiri biasa dipakai sebagai tempat peristirahatan oleh kawula muda, baik untuk tempat kemah atau sekadar menikmati waktu bersama.

Seiring perkembangan, akses jalan menuju tempat ini mudah dijangkau oleh kendaraan bermotor. Fasilitas tempat parkir, warung jajan, juga musholla tersedia tak jauh dari lokasi.

Saat ini, Bukit Puteran terus dibangun agar semakin berkembang. Pembangunan didukung penuh oleh ppenduduksetempat yang dikenal ramah-tamah. Dengan udara sejuk yang bisa dirasakan di sana, bukit ini menjadi tempat yang asyik dikunjungi.

Lokasi Bukit Puteran di Google Map, klik di sini.

Bukit Puteran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *